Oli adalah komponen perlu supaya komponen didalam mesin bisa bekerja seperti harusnya dengan suhu baik.

Problem yang seringkali dihadapi yaitu oli yang mendadak cepat habis. Wajarnya, bila oli habis jadi juga akan punya pengaruh pada perform kendaraan.

 

Ada banyak hal yang mengakibatkan persoalan ini berlangsung, seperti disebutkan Honda Cengkareng.

1. Seal Oli Bocor

Kebocoran pada seal oli dapat dikarenakan oleh pengisian oli yang lebih dari kemampuan serta usia dari seal oli tersebut. Hal semacam ini juga akan mengakibatkan oil up, yang mana oli meluber lewat lubang pernapasan ke filter udara serta ruangan karburator.

Oli yang terbakar di ruangan pembakaran juga akan buat knalpot keluarkan asap putih.

Pemecahannya, pemasangan seal oli mesti benar serta pas. Sebelumnya dipasang yakinkan seal oli tidak penyok karna bisa mengubah diameter seal oli. Yakinkan jumlah oli yang dimasukkan sesuai sama ukuran yang ditetapkan. Hal semacam ini juga berlaku untuk pergantian oli mesin, oli shockbreaker dan transmisi.

2. Oli Tidak sering Diganti

Oli yang seringkali digunakan juga akan menyusut karna penguapan. Di waktu oli ada dibawah batas minimum, jadi oli tidak bisa membuat perlindungan bebrapa sisi mesin dengan maksimum serta bisa mengakibatkan rusaknya yang cepat serta fatal pada komponen dalam motor.

Baiknya, oli ditukar tiap-tiap 2. 000 – 3. 000 km permakaian.

3. Kekentalan Oli atau SAE yang Tidak Sesuai sama Spesifikasi Mesin

Apabila memakai oli yang lebih kental dari yang direferensikan, jadi motor juga akan merasa lebih berat. Demikian sebaliknya, bila oli lebih encer dari yang direferensikan, jadi motor juga akan merasa lebih enteng.

Baiknya pakai oli sesuai sama spesifikasi motor atau standard dari pabrikan. Sebaiknya juga untuk lihat buku dasar dahulu untuk ketahui type oli yang diperlukan oleh mesin motor.

4. Piston serta Ring Piston Aus

Komponen ini terdapat didalam mesin serta dapat alami rusaknya seperti tergesek, aus, serta kotor. Kerapatan ring piston berperan untuk menghindar sangat banyak kombinasi bahan bakar udara yang masuk ke ruangan oli.

Apabila ring piston aus, jadi juga akan mengendur serta udara yang masuk ke ruangan oli dapat turunkan desakan kompresi mesin. Hingga mengakibatkan motor keluarkan asap yang cukup banyak.

Bila rusak, jadi jalan keluar yang bisa dikerjakan yaitu overhaul

5. Penggunaan Motor yang Tidak Normal

Mengendarai motor dengan ugal-ugalan, kebut-kebutan, pemakaian throttle yang tidak teratur, serta stop & go dapat juga buat oli menguap serta menyusut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *