Banyak sekali dermatologis yang menyatakan bahwa memencet jerawat itu sama sekali tidak boleh untuk di lakukan. Kamu bisa melukai kulit wajah jika sembarangan memencet jerawat, saat kamu memencet jerawat justru akan membuat jaringan kulit menjadi lunak dan bisa menyebabkan jaringan kulit mudah sobek.

Tetapi, menahan diri untuk tidak memencet jerawat pun rasanya sulit. Jerawat seringkali dianggap hasil dari kebersihan diri yang tidak optimal, padahal kasusnya tidak selalu seperti itu. Jerawat pada umumnya di sebabkan karna produksi minyak yang berlebih di dasar folikel rambut, sel kulit mati yang menumpuk di wajah bersama minyak, serta pori-pori wajah yang tertutup sehingga menyebabkan jerawat.

Saat jerawat sudah matang sempurna seperti sudah ingin pecah, pasti banyak orang yang merasa gatal dan ingin segera memecahkannya. Tapi bagaimana caranya supaya jerawat tidak meninggalkan bekas luka dan berakibat buruk?

 

Triknya : di Tusuk jangan di Pencet

Menusuk kepala jerawat tidak akan menyebabkan rasa sakit karna kamu berurusan dengan sel kulit yang sudah mati. Cara ini juga tidak akan menyebabkan kerusakan lebih lanjut kepada jaringan kulit.

Yang di butuhkan :

Jarum, alkohol atau korek api gas

Yang bisa di lakukan :

  1. Mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun sampai bersih
  2. Sterilkan jarum yang akan di gunakan dengan menggunakan alkohol, oleskan juga sedikit alkohol pada jerawat dan tangan. Atau kamu bisa sterilkan jarum dengan memanaskannya di atas api selama beberapa detik, kemudian tunggu sampai dingin
  3. Sejajarkan jarum dengan permukaan bawah kulit wajah, lalu secara perlahan tusukkan jarum sampai menembus dan masuk kedalam kepala jerawat yang biasanya berwarna putih atau kekuningan. Jangan menusukkan jarum di bagian bawah jerawat terlalu dekat dengan jaringan kulit yang sehat di sekitarnya.
  4. Angkat jarum tersebut untuk bisa membuka jalan bagi nanah keluar
  5. Lapisi kedua tangan dengan menggunakan tissue basah untuk di gunakan menekan secara perlahan dari kedua sisi jerawat. Jika jerawat sudah matang tentu nanahnya pun akan mudah keluar, jika belum stop dan jangan lanjutkan proses ini.
  6. Setelah jerawat kempes kamu bisa mengoleskan obat jerawat yang mengandung salicyclic acid (BHA) dan benzoyl peroxide, kombinasi kedua bahan ini akan membantu meredakan iritasi kemerahan akibat dari jerawat

Teknik ini baiknya di lakukan setelah mandi, saat kulit sedang lemab dan pori-pori masih terbuka. Walaupun hasilnya pun akan sama baiknya jika di lakukan pada saat kondisi kulit kering.

Hanya menggunakan teknik ini untuk jenis jerawat bernanah saja ya, yang memiliki benjolan berwarna putih atau kekuningan. Konsultasikan dengan ahlinya untuk informasi lebih lanjut ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *