Munculnya jerawat di punggung biasanya di mulai karna pada awalnya terlalu banyak jerawat yang muncul di wajah. Saat jerawat mengalami perkembangan pada jangkauan dan tingkat keparahannya, ia juga bisa mempengaruhi bagian tubuh lainnya.

Kamu mungkin sering tidak menyadarinya karna setiap orang pasti menggunakan pakaian, sehingga jerawat yang berada di area punggung ini tidak terlihat. Sama seperti jerawat di wajah, banyak orang yang menderita jerawat di punggung pun mencari berbagai cara untuk menghilangkannya. Seperti menggunakan pratista skincare yang di formulasikan untuk mengatasi keluhan jerawat di punggung.

 

Kenapa Jerawat Bisa Muncul di Punggung?

Jerawat bisa muncul dimana saja kecuali di telapak tangan dan telapak kaki, hal ini karna di kedua bagian tersebut tidak terdapat folikel pembentuk jerawat yaitu folikel sebaceous.

Penyebabnya pun tidak jauh berbeda dengan jerawat yang muncul di daerah wajah, antara lain karna kelenjar minyak yang berlebih, menumpuknya sel kulit mati, serta menjamurnya bakteri yang menyebabkan jerawat. Tidak semua orang yang memiliki jerawat di wajah memiliki jerawat juga di punggungnya, tetapi hampir semua orang yang memilki jerawat di punggung memiliki jerawat di wajahnya.

 

Mencegah Munculnya Jerawat di Punggung

  1. Menggunakan pakaian dengan serat yang halus dan bisa menyerap keringat
  2. Lebih baik gunakan tas tangan dari pada tas ransel
  3. Secepat mungkin setelah berkeringat kamu mandi, jika tidak sempat maka selalu bawa produk yang mengandung salicylic acid untuk menjaga kebersihan dan kelebihan minyak
  4. Jika kamu memiliki jenis kulit berminyak, maka gunakan pelembab yang non-comedogenic, karna kulit berminyak berpotensi besar terkena jerawat
  5. Mengetahui hal-hal yang menyebabkan iritasi pada kulit dan hindarkan

 

Mengatasi Jerawat di Punggung

Dalam mengatasi jerawat di punggung kamu bisa memulainya dengan memperlakukan kulit leher, bahu, dan punggung dengan tingkat kewaspadaan dan perhatian yang sama dengan kulit wajah. Kulit punggung memiliki pori-pori yang lebih besar di bandingkan kulit wajah, sehingga kulit punggung akan lebih mudah tersumbat, jadi sebaiknya gunakanlah produk khusus jerawat punggung.

  • Menggunakan sabun mandi yang mengandung benzoyl peroxide dan salicylic acid untuk masalah jerawat ringan
  • Bantu menghilangkannya dengan menggunakan obat oles serta antibiotik minum
  • Pastikan kamu langsung mandi setelah melakukan aktivitas berkeringat
  • Jangan menggunakan pakaian yang terlalu ketat
  • Sama seperti di wajah, jangan sekali-kali memencet jerawat yang ada di punggung

Jika cara-cara tersebut tidak memiliki pengaruh positif, kamu bisa konsultasi langsung di klinik kecantikan pratista untuk membantu mengatasi permasalahan jerawat di punggung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *