Dimuka kehidupannya, badan bayi belum juga dapat mengolah semuanya type makanan, terlebih bahan makanan yang bahkan juga untuk orang dewasa saja termasuk kurang baik. Itu penyebabnya, perlu untuk orang-tua untuk memerhatikan konsumsi makanan untuk bayi.

Nah, supaya bayi Anda tetaplah sehat serta terlepas dari problem kesehatan baik sekarang ini ataupun di masa depan, simak sebagian makanan yang tidak disarankan untuk diberi pada bayi.

Beragam makanan untuk bayi yang perlu dihindari

1. Garam

Sesungguhnya, memberi garam pada makanan bayi yang berumur dibawah 1 th. tidak dibutuhkan. Konsumsi garam yang terlalu berlebih malah bisa mengakibatkan kerusakan ginjal bayi karna ginjalnya belum juga dapat untuk membuat keunggulan garam di badannya. Jadi, Anda tidaklah perlu bebrapa ribet memberikan garam pada menu MPASInya.

Terkecuali garam, jauhi menaikkan penyedap rasa ataupun saus pada makanan bayi, karna product itu umumnya memiliki kandungan garam yang cukup tinggi. makanan bayi 1 tahun  Ukuran berikut ini mungkin saja bisa jadikan rujukan sebelumnya Anda memasak untuk anggota keluarga, termasuk juga si kecil.

Berdasar pada Angka Kecukupan Mineral Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, jumlah garam maximum yang dianjurkan untuk bayi serta anak-anak yaitu :

  • 1 – 3 th. : 1 gr /hari
  • 4 – 6 th. : 1, 2 gr /hari
  • 7 – 9 th. : 1, 2 /hari
  • 10 th. serta di atasnya : 1, 5 gr /hari

2. Gula

Sama seperti dengan garam, konsumsi gula pada makanan bayi yang berumur dibawah 1 th. belum juga dibutuhkan. Ini karna konsumsi gula malah juga akan buat kalori makanan si kecil makin banyak serta tidak baik juga untuk kesehatan gigi dan mulutnya.

Bahkan juga dalam sebagian riset dijelaskan bila sangat banyak makan gula serta makanan manis waktu kecil, juga akan tingkatkan resiko obesitas dan penyakit kritis pad anak di masa datang. Itu penyebabnya berilah gula sesuai sama referensi gula harian untuk anak.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), mengkonsumsi gula tidak bisa lebih dari 5 % dalam menu makan harian.

3. Madu

Meskipun madu di kenal mempunyai banyak faedah, sayangnya madu tidak disarankan untuk bayi. Madu memiliki kandungan bakteri penghasil toksin dalam usus yang bisa mengakibatkan botulisme pada bayi.

Untuk kebaikan anak, janganlah beri madu sebelumnya mereka berumur 1 th.. Madu juga memiliki kandungan gula, jadi hindari mengkonsumsi madu pasti bisa menghindar obesitas serta rusaknya gigi pada anak.

4. Semuanya type kacang

Semuanya type kacang, termasuk juga kacang tanah, tidak disarankan untuk dikonsumsi anak balita karna kacang kerapkali buat anak tersedak. Sepanjang tidak menyebabkan alergi, Anda bisa memberikannya kacang sesudah mereka berumur 6 bln.. Tetapi ingat! Kacang mesti dihancurkan atau digiling jadi selai kacang terlebih dulu.

5. Lemak jenuh

Lemak jemu umum dimaksud dengan lemak ‘jahat’. Jauhi makanan yang memiliki kandungan tingkat lemak jemu yang tinggi, seperti gorengan, keripik, dan burger serta kue. Beberapa jenis makanan itu memiliki kandungan lemak jemu yang susah untuk diolah badan, yang selanjutnya tingkatkan resiko sembelit atau susah buang air besar.

6. Makanan mentah

Makanan untuk bayi yang perlu dijauhi yang lain yaitu makan-makanan mentah. Paparan bakteri salmonella yang terdapat pada makanan mentah tingkatkan resiko bayi menanggung derita gastoenteritis. Mengakibatkan, anak Anda mungkin saja juga akan menimbulkan tanda seperti mual, muntah, kram perut, diare, demam, sakit kepala, panas dingin, serta darah di feses.

Sebagian makanan yang perlu dijauhi yaitu daging, unggas, serta seafood mentah. Diluar itu, bayi juga tidak disarankan untuk konsumsi telur mentah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *