Zakat Fitri atau Zakat Fitrah miliki hikmah yang demikian banyak. Zakat ini diharuskan untuk Muslim serta yang merasakan tenggelamnya matahari di hari paling akhir bln. Ramadhan, dan mempunyai keunggulan makanan untuk diri serta keluarganya pada hari paling akhir Ramadhan serta malamnya.

Zakat itu dikerjakan oleh penanggung nafkah dimana ia tunaikan untuk dianya serta beberapa orang yang ia tanggung nafkahnya. Yang dikerjakan yaitu berbentuk satu Sha’ makanan pokok dari negeri semasing seperti beras. Satu Sha’ itu diprediksikan sekitaran 2, 157 – 3, 0 kg.

 

Mengapa Diberi nama Zakat Fitri?

Fitri bermakna tidak berpuasanya orang yang berpuasa. Zakat ini disandarkan pada kata Fitri karna keharusan itu terkait dengan Idul Fitri. zakat fitrah dengan uang Hingga penunaiannya juga dekat-dekat dengan hari raya itu, bukanlah dimuka atau pertengahan bln.. Zakat Fitri dapat juga dimaksud dengan Fitrah, yang berarti khilqoh atau karakter karakter dari lahir.

Imam Nawawi menyebutkan, kalau makanan yang dipakai untuk Zakat Fitri dimaksud dengan Fitroh (fitrah). Itu cuma arti fuqoha saja, bukanlah arti dari Arab atau diarab-arabkan. Hingga bisa juga penyebutannya dengan Zakat Fitrah jadi arti syar’i. Dasarnya, Zakat Fitri yaitu zakat yang diharuskan karna tidak berpuasanya sekali lagi orang yang berpuasa. (Saksikan Al Mawsu’ah Al Fiqhiyyah, 23 : 335)

Hikmah Zakat Fitri

Diantara hadits yang mengatakan mengenai hikmah disyari’atkannya zakat fithri yaitu hadits tersebut. Dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata,

“Rasulullaah Shallallaahu ‘Alaihi Wasallam mewajibkan Zakat Fitri untuk mensucikan orang yang berpuasa dari bersenda gurau serta kalimat keji, dan untuk berikan makan orang miskin. Barangsiapa yang menunaikannya sebelumnya Shalat Id jadi zakatnya di terima serta barangsiapa yang menunaikannya sesudah Shalat Id, jadi itu cuma dipandang jadi sedekah diantara beragam sedekah”. (HR. Abu Daud No. 1609 serta Ibnu Majah No.

1827, Al Hafizh Abu Thohir menyebutkan, kalau sanad hadits ini hasan. Syaikh Al Albani menyebutkan, kalau hadits ini hasan)

Hikmah disyari’atkannya Zakat Fithri sangatlah banyak yang dapat dirinci, salah satunya seperti berikut :

1. Untuk menyucikan orang yang berpuasa dari pengucapan percuma serta kalimat kotor dan tulis (kekurangan) waktu puasa. Jadilah kebaikan di hari raya jadi prima.

2. Untuk berikan makan pada orang miskin serta memenuhi mereka, hingga tidaklah perlu memohon-minta di hari raya, sekalian membahagiakan mereka di hari raya.
Jadilah hari raya itu jadi hari kebahagiaan.

3. Bentuk sama-sama melakukan perbuatan berikan kebaikan pada orang kaya serta orang miskin di hari raya.

4. Memperoleh pahala karna sudah menunaikan zakat pada yang memiliki hak terima di saat yang sudah ditetapkan.

5. Zakat Fitri yaitu zakat untuk tubuh yang Allaah tentukan tiap-tiap tahunnya di Hari Raya Idul Fitri.

6. Zakat Fitri yaitu bentuk sukur sesudah puasa itu prima.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *