Kerak Telor

Keunekaragaman kuliner Indonesia amat membanggakan karena membuat kita bisa memilih beraneka macam makanan dalam berbagai kesempatan. Ketika berkunjung ke lain daerah, kita bisa menikmati kuliner khas daerah tersebut, dan ketika kita pindah ke daerah lainnya kita juga bisa menikmati kuliner jenis lainnya. Semua itu memberikan pengalaman yang menarik.

Salah satunya ketika berkunjug ke Jakarta, Anda bisa memilih cemilan berupa kerak telor yang memiliki cita rasa gurih dan legit. Kuliner ringan ini sudah sejak lama menjadi kebanggaan warga Jakarta. Kini, makanan yang dulu pada masa kolonial Belanda menjadi primadona pecinta kuliner nusantara, kini sudah menjadi salah satu fast-food warga Jakarta yang tidak hanya dijual oleh pedagang kaki lima tetapi juga disediakan oleh catering naboxparah.com restoran di hotel berbintang juga di café-café yang ingin memberikan nuansa vitage.

Penyajian Kerak Telor

Penyajian kerak telor tidak memakan waktu lama, bahan-bahan pembuatannya juga cukup mudah ditemukan di sekitar. Proses memasak kerak telor membutuhkan waktu kurang lebih hanya 15 menit. Kerak telor terbuat dari bahan-bahan yang mudah ditemukan disekitar kita, seperti beras ketan putih, telur ayam/bebek, ebi (udang kering yang diasinkan) yang sudah disangrai terlebih dahulu, kemudian ditambahkan bawang goreng, dan diberi bumbu yang sudah dihaluskan terlebih dahulu seperti parutan kelapa sangria, cabai merah, kencur, jahe, merica butiran, garam, dan gula pasir.

Kerak Telor

Cara memasak kerak telor merupakan hiburan tersendiri bila Anda melihatnya. Cara memasaknya dimulai dari telor di masukkan terlebih dahulu ke dalma wajan yang sudah dipanaskan tanpa menggunakan minyak. Hal ini akan segera menciptakan pinggiran telor gosong terlebih dahulu, ketika bagian tengah telor menjadi setengah matang, maka wajan dibalik agar telor menghadap kea rang yang panas.

Kerak telor dimasak menggunakan api arang di dalam anglo, karenanya teknik tersebut di atas bisa dilakukan. Cara tradisional ini memberikan hiburan tersendiri bukan?

Kembali pada proses pembalikan wajan sampai telor menghadap arang, biarkan posisi itu terjadi dalam beberapa menit, setelah itu dibalik lagi dan dilihat, ketika permukaan telor sudah sedikit gosong kerak telor kemudian diangkat dan ditambahkan dengan bumbu. Setelah itu, kerak telor siap untuk dinikmati.

Proses masak kerak telor

Proses memasak kerak telor sama sekali tidak menggunakan kompor, melainkan anglo atau tungku tradisional dan apinya berasal dari arang. Alat ini dipertahankan sampai sekarang agar cita rasa dan kekhasan kerak telor tetap dapat dipertahankan. Kerak telor yang gurih dan legit ini sampai kini tetap memiliki penggemar.

Meskipun sudah ada berbagai macam jajanan, fastfood di di kota-kota besar seperti Jakarta, Kerak telor tetap laris menjadi cemilan warga Jakarta. Makanan asli daerah ini dapat dinikmati oleh siapa saja yang menyukai cemilan tradisional. Anda bisa dengan mudah mendapatkannya di pasar malam atau di pekan raya Jakarta.

Kalau pun Anda jalan-jalan ke pusat perbelanjaan tradisional, penjaja kerak telor juga mudah dijumpai di sana. harganya cukup ekonomis, sehingga Anda bisa membeli beberapa porsi sekaligus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *