Laboratorium merupakan satu lembaga yang berdiri sendiri atau juga merupakan bagian dari instansi tertentu yang bertujuan untuk melakukan berbagai macam kegiatan research/ penelitian tentang satu hal yang hasilnya nanti bisa digunakan dengan sebagaimana mestinya. Ada banyak sekali laboratorium di seluruh Indonesia. Baik yang berdiri sendiri atau yang merupakan bagian dari badan/ instansi lain seperti laboratorium pendidikan di universitas, laboratorium klinik rumah sakit A dan lain sebagainya.

macam alat laboratorium

Untuk menunjang hal itu, diperlukan berbagai macam alat – alat sesuai dengan spesifikasi laboratorium itu sendiri. Untuk laboratorium geologi, tentu saja akan membutuhkan alat – alat khusus yang berhubungan dengan geologi. Namun demikian, ada juga beberapa alat, yang memang dipakai di semua jenis laboratorium. Berikut beberapa contohnya :

1 – Mikroskop

Tidak perlu saya jelaskan saya yakin anda sudah mengetahui alat laboratorium yang satu ini. Mikroskop merupakan alat laboratorium yang berfungsi untuk melihat dan meneliti benda – benda kecil yang tidak kasat mata. Mikroskop merupakan alat laboratorium yang hampir bisa kita jumpai di seluruh jenis laboratorium, seperti Biologi, Kimia, Medis dan juga di Laboratorium Geologi.

2 – Mikropipet

Pipet secara umum berfungsi untuk mengambil cairan dalam jumlah kecil (tetes). Alat ini juga sebenarnya dibutuhkan dan digunakan oleh banyak jenis laboratorium seperti Biologi, Kimia, dan juga laboratorium Medis. Namun ada yang menarik di sini. Ada jenis pipet yang bisa mengambil cairan dalam ukuran mikro dengan akurasi yang cukup tinggi. Alat ini dinamakan Mikropipet. Terdiri dari ukuran dengan satuan mikro hingga mili (ml). Dengan fitur seperti ini makanya mikropipet memiliki harga yang cukup mahal. Kalau anda tanyakan di toko alat laboratorium yang jual mikropipet, harganya mencapai jutaan rupiah.

3 – Centrifuge

Biasanya alat ini digunakan di Laboratorium medis di rumah sakit atau klinik. Alat ini berfungsi untuk memisahkan zat dengan masa partikel rendah dengan masa partikel yang lebih tinggi. Seperti memisahkan endapan dari ekstraksnya. Dalam pengaplikasianya alat ini digunakan untuk membuat serum darah untuk sample pemeriksaan photometri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *