Pertama kali juga akan senantiasa jadi peristiwa yang dikenang. Pertama kali akan jadi waktu yang mendebarkan. Demikian sich katanya… Pertama kali saya naik pesawat, saya bersukur karna saya tidak sendirian. Saya ingat persis saat itu pokoknya saya ikutan saudara saya yang mengajak saya berlibur. Tidak ngerti apa-apa, pokoknya cuma dapat membututi. Naik pesawat memanglah tidak sesimpel naik mobil travel. Terdapat banyak tata-cara yang perlu kita patuhi. Lebih repot sekali lagi bila kita pergi terbang ke luar negeri. Kesempatan ini, saya menginginkan memberi sebagian panduan buat mereka yang baru pertama kalinya naik pesawat. Agar Anda tidak bingung seperti saya dahulu. Yuk, kita simak!

1. Pesan Ticket Pesawat Dengan On-line

Di masa yang telah melek internet seperti sekarang ini, pemesanan ticket on-line malah jadi hal yang paling praktis. Anda dapat pesan ticket pesawat jauh-jauh hari terlebih dulu. Sesudah lakukan pemesanan, kita juga akan diantar electronic ticket (e-ticket) lewat e-mail. Anda dapat mengambil keputusan apakah ingin beli ticket sekali-jalan atau PP (pulang-pergi). Sesudah electronic ticket diantar, bikin (print) ticket pesawat itu.

2. Cermati baik-baik Ticket Pesawat Anda

Pada ticket pesawat yang telah Anda print, cermati info yang tercantum pada ticket. Ticket pesawat Anda juga akan berisi info sekitar nama Anda, nomor ticket, Bandara asal serta maksud, nomor penerbangan, tanggal, saat departure serta arrival, batas saat cek in, serta berat maximum bagasi. Anda dapat juga lihat dari Terminal berapakah Anda juga akan pergi. Ingat baik-baik semuanya info itu. Di hari keberangkatan, janganlah lupa untuk membawa print-out ticket Anda.

3. Bijaklah dalam Packing

Sebelumnya pergi, pastinya Anda juga akan berkemas, bukan? Anjuran saya : bijaklah dalam mengepak barang bawaan Anda. Bawa baju seperlunya serta beberapa barang yang dibutuhkan saja. Anda mungkin membawa tas/koper Anda kedalam pesawat (bila beratnya tidak lebih dari batas maximum penyimpanan kabin). Tapi saya pribadi lebih sukai untuk menaruh koper saya di bagasi pesawat.

4. Kerjakan On-line Check-in

Untuk Anda yang pertama kalinya naik pesawat, janganlah lupa untuk lakukan check-in. Mujur kalau sekarang ini kita telah dapat lakukan on-line check-in. On-line Check-In ini bisa dikerjakan lewat situs maupun mobile apps maskapai yang berkaitan. Sebagian maskapai mungkin saja mempunyai ketentuan yang tidak sama. Bila Anda terbang dengan Garuda Indonesia, Anda dapat lakukan on-line check-in dari mulai 24 jam sampai 2 jam sebelumnya keberangkatan. Bila Anda terbang dengan Air Asia, jadi Anda dapat lakukan on-line cek in dari mulai 14 hari sampai 2 jam sebelumnya keberangkatan. Untuk lebih detilnya, Anda dapat check di situs maskapai penerbangan yang berkaitan. Sesudah lakukan on-line check-in, Anda juga akan memperoleh nomor kursi.

5. Datanglah ke Bandara lebih awal

Panduan yang lain buat mereka yang pertama kalinya naik pesawat yaitu : janganlah datang mepet saat. Saat paling baik yaitu dua jam sebelumnya keberangkatan. Tidak apa-apa bila Anda menginginkan tiba lebih cepat, umpamanya tiga jam terlebih dulu. Tetapi janganlah datang mepet karenanya cuma juga akan buat Anda stres sendiri.

6. Melalui Kontrol X-Ray

Sesampainya di Bandara, hal pertama yang perlu Anda lalui yaitu kontrol X-Ray. Anda dapat menempatkan semuanya tas serta koper Anda di ban jalan untuk dicek, sesaat Anda sendiri juga akan melalui metal detector. Janganlah lupa menempatkan ikat pinggang, jam tangan, hp, maupun beberapa barang yang juga akan mengakibatkan metal detector berbunyi didalam baskom untuk melalui kontrol X-Ray. Sebagian orang mungkin saja mengangkat prosedur ini membosankan.menjengkelkan, tetapi ini yaitu untuk keamanan serta keselamatan kita semuanya.

7. Check-in ke Kounter

Anda mungkin saja telah lakukan on-line check-in, tetapi janganlah lupa untuk lakukan check-in sekali lagi ke counter maskapai penerbangan Anda untuk menyimpan bagasi serta memperoleh boarding pass. Sediakan KTP/SIM (Paspor bila Anda melancong ke luar negeri) serta print out ticket Anda. Koper-koper bawaan Anda lantas juga akan ditimbang sebelumnya masuk ke bagasi pesawat. Bila beratnya lebih dari batas maximum, Anda bakalan mesti membayar keunggulan berat itu. Kemudian, Anda juga akan terima Boarding Pass. Janganlah lupa untuk menaruh kembali sinyal pengenal (SIM/KTP) Anda. Jangan pernah ketinggalan.

8. Bila Anda Pergi ke Luar Negeri

Bila maksud penerbangan yaitu ke luar negeri, jadi Anda mesti melalui sistem imigrasi terlebih dulu. Di counter imigrasi, petugas umumnya juga akan memajukan sebagian pertanyaan standard pada Anda, umpamanya maksud Anda travelling. Janganlah grogi dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan itu, yah! Kemudian petugas juga akan membubuhkan stempel pada paspor Anda. Anda harus juga isi Kartu Kehadiran (dapat di isi di pesawat) untuk diserahkan waktu sistem imigrasi di negara maksud. Kartu Kehadiran ini jangan pernah hilang, ya!

9. Janganlah Terlena Waktu Menanti Saat Boarding

Cek in? Telah. Menaruh bagasi? Telah. Boarding pass? Telah di tangan. Baiklah. Saat ini tinggal menanti saat boarding. Sembari menanti saat boarding, Anda dapat jalan-jalan di bandara. Anda dapat sekedar duduk enjoy, kulineran, maupun belanja. Hal yang butuh diingat yaitu : cermati saat boarding serta di gate berapakah pesawat Anda juga akan pergi. Tambah baik bila Anda sudah mengetahui dimana letak Gate itu.

10. Waktu didalam pesawat, patuhi ketentuan yang ada

Patuhi ketentuan didalam pesawat. Anda mungkin saja menginginkan ambil photo selfie cantik didalam pesawat, well… silahkan. Tapi setelah itu, tolong matikan gadget Anda. Gadget Anda baru bisa dinyalakan sekali lagi sesudah Anda hingga di bandara maksud. Gunakan sabuk pengaman serta cermati prosedur keselamatan yang diperakan oleh pramugari.
11. Kerjakan Baggage Claim

Sesudah pesawat Anda mendarat di maksud, janganlah lupa untuk lakukan baggage claim. Bila Anda ada di bandara besar, mungkin saja Anda juga akan bertemu dengan adanya banyak conveyor belt yang memutar koper-koper Anda. Cari info Anda dapat ambil bagasi di conveyor belt nomor berapakah. Jangan pernah Anda menunggu koper Anda di conveyor belt yang salah. Yakinkan juga tak ada barang bawaan Anda yang ketinggalan serta kalau Anda tidak ambil koper yang salah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *