Kulit sensitif merupakan salah satu jenis kulit yang membutuhkan penanganan ekstra hati-hati. Karena memiliki kulit senstif itu sangat mudah sekali mengalami iritasi yang bisa menyebabkan kulit jadi memerah, gatal, sampai berjerawat.

Jika kamu termasuk seseorang yang memiliki kulit sensitif pastinya kamu sudah tau ya kalau tipe kulit yang satu ini memang benar-benar menyusahkan, apalagi dalam pemilihan produk Pratista perawatan wajah. Kulit sensitif selain mudah mengalami iritasi juga mudah mengalami peradangan.

Secara kasat mata kulit sensitif memang terlihat seperti alergi, tapi padahal tidak. Hal ini terjadi karna alergi terjadi saat sistem kekebalan tubuh menjadi aktif ketika melawan benda yang asing yang di anggap menyerang tubuh. Sedangkan kulit sensitif bisa di sebabkan oleh bebagai hal.

Salah satu hal yang menyebabkan kulit sensitif ialah karna sering mengganti produk perawatan wajah atau kosmetik. Hal ini tentunya bisa menjadi permasalahan yang serius bagi sipemilik kulit sensitif. Sering menggantu produk perawatan secara terus menerus, serta melakukan pengelupasan sel kulit mati dengan bahan aktif dapat merusak pertahanan kulit, bukan malah membangun perlindungan pada kulit.

Nah berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk merawat jenis kulit sensitif dengan benar. Apa saja ya? Simak disini.

  1. Memilih produk yang cocok untuk jenis kulit sensitif yang kamu miliki. Untuk hal ini kamu harus benar-benar selektif ya. Produk perawatan yang di dalamnya banyak mengandung bahan kimia memiliki resiko yang tinggi menyebabkan reaksi pada kulit. Sedangkan produk perawatan organik mengandung lebih sedikit bahan kimia, namun kandungan ekstra tumbuhan tetap bisa menyebakan alergi pada kulit.
  2. Hindari pemakaian produk yang berbahan dasar cortisone atau lidocaine, hal ini karna kedua jenis bahan dasar ini bisa berdampak buruk kepada kulit sensitif. Jika memang kamu memerlukan cortisone atau lidocaine, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter boleh atau tidaknya di gunakan pada kulit kamu yang sensitif.
  3. Mengistirahatkan kulit wajah, cobalah untuk memberikan waktu pada wajah sehari atau dua hari terbebas dari pemakaian make up. Make up yang menempel pada wajah memang bisa membuat kulit menjadi jenuh dan lelah. Jadi ada baiknya, saat sedang libur atau berada di rumah tidak perlu memakai riasan cukup gunakan pelembab saja.
  4. Paparan sinar matahari dan udara kering memang bisa memperparah kondisi kulit sensitif. Jadi saat keluar rumah kamu bisa menggunakan jaket untuk perlindungan tubuh dan masker untuk perlindungan wajah.

Nah, itudia beberapa penanganan tepat yang bisa di lakukan untuk kamu yang memiliki permasalahan kulit sensitif dengan benar. Jangan lupa konsultasikan terlebih dahulu jika ingin menangani masalah kulit sensitif di klinik kecantikan pratista.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *