Pakaian atau baju kaos merupakan salah satu pakaian yang menjadi idola semua orang. Bagaimana tidak, kaos relatif nyaman dipakai, relatif murah harganya, relatif mudah perawatannya dan kelebihan lainnya. Mulai dari orang dewasa sampai anak-anak menyukai pakaian kaos, tentunya dengan berbagai modell yang ada dipasaran dan biasa disebut dengan T-shirt.

Nah karena begitu banyaknya yang memakai tentunya kita perlu memperhatikan perawatan dan kerapiannya. Khususnya dalam menyetrika kaos agar terlihat rapi dan mendapatkan hasil yang maksimal maka perlu disetrika dengan baik dan benar, berikut ini akan kami mencoba membuat tulisan bagaiamana cara menyetrika kaos dengan benar sehingga kaos menjadi rapi dan tetap terawat.

Tahapan-tahapan menyetrika baju kaos :

1. Kita siapkan kaos yang akan kita setrika.

Sebaiknya dipastikan kaos yang telah kita jemur benar-benar kering untuk siap disetrika, jangan sampai kaos yang setengah kering di setrika karena bisa merusak serat kain dan menimbulkan bau.

2. Kita siapkan alas setrika yang baik.

Dengan menggunakan alas setrika memudahkan menyetrika pakaian kita, salah satu alas setrika yang bisa digunakan seperti alas yang berbahan dari busa karena busa lebih mudah yang menyerap panas,cukup sekali jalan pakaian anda sudah rapih.

Atau kita bisa memilih papan dengan lapisan kain dari bahan teflon karena panas yang dihasilkan dari gosokan setrika dan bahan ini akan dapat menghilangkan kerut dengan mudah. Bisa juga sebagai pilihan lainnya adalah pelapis berbahan silikon yang halus.

3. Kita siapkan setrika uap.

Penggunaan setrika uap sangat cocok untuk menyetrika dengan hasil yang maksimal, selain itu juga unggul dalam efisiensi waktu dan tenaga kerja. Setrika uap ini juga memiliki kecepatan menyetrika tiga kali lebih cepat dan hasil tiga kali lebih banyak dibandingkan dengan setrika listrik biasa. Panaskan setrika dengan suhu yang sesuai dengan jenis kaos, karena panas setrika harus pada posisi panas yang pas sebelum digunakan.

4. Letakan kaos di papan/tempat untuk menyetrika.

Rapikan kerutan-kerutan dengan menggunakan tangan. Jika anda menggunakan alas setrika berdiri, anda dapat memasukkan satu sisi bagian badan kaos kebawah meja setrika, jadi anda hanya menyetrika satu sisi bagian badan saja. Ini akan memudahkan dan mempercepat proses menyetrika.

5. Semprotkan pelembut pakaian

semprotkan pelembut pakaian pada bagian kaos yang berkerut atau pada bagian yang dirasa sulit disetrika.

6. Setrika pada bagian yang berkerut

Setrika dengan pelan pelan pada bagian yang banyak berkerut

7. Setrika dengan gerakan satu arah

Usahakan untuk menyertika dengan satu arah saja dan jangan menekan setrika terlalu kuat

8. Setrikalah seluruh bagian kaos

Jangan lupa membalik kaos agar semua tersetrika

9. Dinginkan kaos

Saat mendinginkan kaos harus pada posisi rata dan hindari lipatan atau kerutan

10. Lipat dengan rapi atau gantung kaos

Setelah dingin, lipatlah kaos dengan rapi atau kaos dihanger untuk mencegah kerutan sebelum dipakai. Kalau anda mempunyai lemari yang besar untuk menggantung pakaian, alangkah lebih baiknya kaos-kaos anda digantung, sehingga tidak menimbulkan bekas lipatan pada baju kaos yang telah disetrika. Kemudian masukan kedalam lemari ketika kaos sudah dingin.

Demikian tips singkat ini, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *