Kartu RFID

Kartu RFID/Smard Card :

Kartu Mifare
Kartu Mifare yaitu semacam kartu semi konduktor yang seringkali dipakai untuk public transportation, parking, ID card, system absensi, ticket, kartu credit, kartu toll, serta banyak aplikasi lainnya. Frekwensi yang umum dipakai pada kartu serta alat pembacanya (card reader) yaitu 13. 56 MHz.

 

Kartu EM
EM card pada umumnya seringkali dimaksud juga kartu proximity walau demikian pada umumnya karakter basic kartu ini tidak mempunyai memory untuk menaruh data seperti kartu mifare. Kartu EM banyak dipakai dalam akses control sistem di mana dengan karakter basic kartu EM yakni frekwensi yang unik jadi begitu sangat mungkin untuk dipakai dalam security sistem.

 

Kartu Proximity (Proximity Card)
Kartu Proximity atau Prox Card yaitu nama yang umum dipakai untuk kontakless card yang dipakai untuk security acces sistem atau sistem pembayaran. Frekwensi yang umum dipakai pada kartu serta alat pembacanya (card reader) yaitu 125 kHz atau yang generasi lebih baru bekerja pada frekwensi 13. 56 MHz. Proximity Card juga dikenal dengan nama RFID smartcard kontakless. Standarisasi kartu ini biasanya yakni ISO/IEC 14443 (jarak baca kartu) serta ISO/IEC 15693. Biasanya jarak baca sekitar 0 hingga 3 inch hingga sangat mungkin untuk ditempatkan dalam tas atau dompet.

 

Kartu Magnetik (Magnetic Card)
Kartu Magnetic yaitu Kartu plastic PVC berwarna putih polos di bagian depan serta belakang, serta di bagian belakang ada tambahahan pita warna hitam dg ukuran (85, 5 mm X 13mm). Pita warna hitam berikut yang dimaksud Magnetic Stripe. Magnetic stripe pada kartu pvc ini dapat di baca serta ditulis (R/W). Sistem penulisan pada magnetic stripe ini dimaksud ENCODE. Untuk meng-encode dapat memakai alat Magnetic Stripe Encoder atau dapat pula menggunakan ID Card printer yg telah ada modul Magnetic Encoder. Tengah untuk pembacaannya (READ) dapat menggunakan alat MSR (Magnetic Stripe Reader).
Untuk langkah pencetakan di IDcard printer sama juga dengan langkah pencetakan menggunakan bahan kartu blank pvc. Kartu magnetic terbagi dalam 2 type yakni type HiCo (High Coercivity) serta LoCo (Low Coercivity) di mana kwalitas yang tambah baik yaitu pada type Hi Co.

 

Kartu Chip
Kartu chip yaitu smart card yang mempunyai karakter yakni adalah Integrated Sirkuit Card (ICC) atau dengan kasat mata kita bisa lihat ada rangkaian sirkuit di lempengan metal yang umumnya berwarna keemasan atau silver.
Diluar itu kartu chip juga mempunyai memory yang dapat menyimpan data.
Type kartu chip ini sekarang ini dipakai dengan besar-besaran untuk kartu credit, bahan paling utama kartu chip ini umumnya adalha PVC.
Ciri basic kartu chip yaitu :
– Ukuran dengan Standar ISO/IEC 7810 (85, 60 mm X 53, 98 mm).
– Memakai sistem keamanan cryptoprocessor.
– Dapat berkomunikasi dengan piranti pembaca serta penulis kartu.

 

Kartu PVC
Kartu Blank PVC (Poly Vinyl Chloride) yaitu kartu plastik berwarna putih polos dengan material PVC yang memiliki ukuran CR80 (85, 5mm X 53, 6mm) serta memiliki ketebalan standar 30 mil. Kartu Blank PVC biasanya digunakan untuk bahan paling utama IDCard Printer semuanya merk seperti (Fargo, Zebra, Datacard, Evolis, Nisca, Hiti, Pointman, Edisecure, Polaroid dan sebagainya). Untuk ketebalan kartu PVC beragam sesuai sama keperluan, ada yg tidak tebal 10 mil, 20 mil, 30 mil dan sebagainya. Biasanya yang seringkali kita temui di sekitar kita seperti kartu ATM, kartu credit, kartu mahasiswa, kartu npwp dan lain-lain menggunakan ketebalan 30 mil serta ukuran standar CR80 (85, 5mm X 53, 6mm)
Kartu Blank PVC dapat diciptakan Full Color (text, image, barcode dan lain-lain) pada ke-2 sisi-nya pastinya dengan IDCard Printer. Dalam perubahannya, Kartu Blank PVC saat ini terdapat banyak jenis ikuti tingakat keamanan/security-nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *